Posted in Plus Plus

Info++ PATI

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bagaimana kabar readers semua? Kali ini saya akan memberikan tips dan trik bagi kalian mahasiswa/i baru Universitas Muhammadiyah yang akan melaksanakan PATI.

Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang PATI. PATI atau Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi adalah pelatihan yang diperuntukan bagi calon mahasiswa baru UMM untuk melatih keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi informasi.


Dalam pelatihan ini calon MABA akan diperkenalkan segala sesuatu aplikasi online yang ada di UMM menggunakan fasilitas yang diberikan UMM. Nah aplikasi online ini , nanti akan berguna dalam pembelajaran kuliah kita nanti.

Di pelatihan ini, nanti kita akan diberi PIC atau Personal Identification Code. PIC ini nanti akan digunakan untuk password login hotspot yang ada di area UMM dengan usernamenya adalah NIM kita ( Nomor Induk Mahasiswa). NIM dan PIC ini jangan dibagikan ke orang lain ya, nanti kalian juga yang rugi loh.

Saat PATI ini, kita nggak hanya diberi materi tentang aplikasi online dan segala macamnya, tetapi kita juga diberi evaluasi dan tugas besar untuk mengetes seberapa paham kita dengan materi yang sudah dijelaskan.

Nah untuk mengerjakan evaluasi dan tugas besar ini, saya punya beberapa tips yang bisa membantu kalian MABA yang baru mau melaksanakan PATI. So check it out..

  • Datang lebih awal. Karena yang melaksanakan PATI nggak cuma satu dua orang aja tapi banyak sekali. Kita datang awal juga agar lebih mudah mendapatkan tempat duduk yang strategis di ruangan nanti agar bisa menyerap materi lebih baik.
  • Selalu membawa kartu kendali juga buku panduan PATI. Kartu kendali ini digunakan untuk absensi kita, jadi harus dibawa. Kan sayang kalau kita nggak bawa kartu kendali tapi ikut PATI kita tidak dianggap absensi. Lalu buku panduan ini berisi materi PATI agar memudahkan kita memahami materi.
  • Mengerjakan tugas tepat waktu. Nah nanti pas PATI, kalian akan diberikan tugas besar yaitu membuat blog. Blog itu nanti harus berisi postingan postingan yang sudah ditentukan. Memang isi postingannya sedikit, tapi kalau bisa jangan menunda-nunda tugas itu agar tidak menumpuk dibelakang tugasnya.
  • Mengerjakan evaluasi bersama teman. Tenang aja, evaluasi ini boleh dikerjakan bersama teman dan open book, jadi bukan berbuat curang ya ini. Jadi nanti disaat kalian mau mengerjakan evaluasi, usahakan kalian bersama dua teman anda. Nanti bagi-bagi tugas, satu teman ada yang membaca soal, satu teman ada yang mencari jawaban, dan satu teman lagi untuk memfoto soal. Nanti kita diberi 2 kesempatan untuk mengerjakan soal evaluasi itu, jadi nanti ada satu teman kalian yang jadi korbannya hehe.

Nah mungkin itu beberapa info dan trik yang bisa saya berikan. Semoga berguna bagi yang ingin melaksanakan kegiatan PATI ya. Sukses semua PATI-nya, semoga lulus tanpa ada hambatan apa pun. Aamiin…..

Leave a comment